Pages

11 Apr. 2013

Tutorial Mixing Vokal Menggunakan Nuendo/Cubase


   


 Seringkali permasalahan yang ditemui saat melakukan mixing adalah bagaimana caranya mixing vokal agar terdengar lebih menyatu dengan musik. Vokal merupakan bagian yang lumayan penting dalam sebuah lagu. Vokal yang enak tentunya akan menambah kualitas lagu di telinga pendengar. 

Bagi anda pengguna Nuendo atau Cubase sebagai DAW, berikut adalah tutorial bagaimana me-mixing suara vokal hasil Recording agar menyatu dengan musik atau instrumen lainnya.

  1. Bila audio vokal hasil recording terdengar lebih pelan, gunakan menu channel untuk menaikkan suara vokal. Selin itu untuk menaikkan suara vokal bisa menggunanakan alternatif lain, misalnya dengan menggunakan fasilitas gain, ataupun langsung menaikkan volume sinyal audio pada track
  2. Gunakan Panel EQ atau equalizer untuk menyesuaikan sinyal audio agar terdengar lebih enak dan meminimalisir noise yang dihasilkan dari recording
  3. Agar terdengar lebih enak, gunakan effect Reverb untuk menghasilkan suara vokal yang terdengar seperti dalam ruangan. Atur seberapa besar reverb yang sesuai dengan selera anda.
  4. Agar terdengar lebih tebal, duplicate track vokal tersebut menjadi 1 atau 2 track tambahan. Hal ini biasa saya lakukan jika suara si penyanyi terdengar biasa-biasa saja.
  5. Jika teknik mic-ing si penyanyi kurang bagus, maka akan terdengar lebih loud ketika dia mengambil nada tinggi. Hal ini bisa di atasi dengan menggunakan automation pada volume.
[http://blog-hnd.blogspot.com]

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

 

Blogger news

Blogroll

About